Friday, January 18, 2013

Teknik menulis PKM agar lolos dan didanai

trik dalam menulis sebuah proposal PKM memang sangat penting untuk menjamin kelolosan judul proposal dalam bersaing bersama ribuan judul proposal PKM yang lain. banyak di antara para penulis proposal yang terkadang kurang memperhatikan Hal-Hal yang simpel tapi itu sangat penting. semua itu yang akan mempengarui tingkat kelolosan proposal yang kita kirim.

di sini akan sedikit saya jelaskan kiat-kiat menulis PKM agar dapat lolos dan dapat di danai. beruntung kalu bisa juga masuk ke PIMNAS. pernah dengar yang namanya PIMNAS. ya, pimnas adalah pekan ilmia mahasiswa nasional, dimana di situ berkumpul para finalis yang akan memperebutkan juara dan membawa kampusnya menjadi kampus ternama. 

HAL_HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN ADALAH :

1. semaksimal mungkin cara penulisan saudara harus sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh pihak DIKTI. panduan dikti biasanya di keluarkan setiap satu tahun sekali.
2. menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. atau dalam kata lain sesuai dengan kaidah EYD
3. munculkan kreatifitas sebagai hal yang menonjol dalam penulisan proposal saudara. karna kreatifitas mendapat nilai yang paling tinggi di antara komponen yang lain.
4. usahakan ide yang di angkat adalah suatu hal yang masih hangat atau bisa di katakan hal yang baru.
5. dalam pemilihan judul usahakan yang singkat dan jelas yang dapat mewakili dari proposal yang anda buat.
6. keterkaitan antara judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, luaran yang di harapkan dan sekuruh komponen dalam propsal. hal ini menjadi sangat penting karena naksud dari proposal kita akan terlihat jelas dan rapi.
7. dalam membuat jadwal kegiatan dalam PKM maksimal 5 bulan tidak boleh lebih.
8. dalam membuat anggaran dana usahakan membuat rincian atas pembelihan atau peminjaman. jangan langsung menulis anggaran dana dengan biaya paket, usahakan di rinci 1 per .
9. dalam menulis anggaran dana tidak noleh melebihi dari anggaran maksimal yang sudah di tetapkan oleh dikti.
10. masukan prestasi yan pernah di raih dalam lampiran daftar nama ketua dan anggota.
11. selesaikan semua proses administrasi, seperti tanda tangan wr 3, stemple universitas dan lain-lain.

ini dulu ya ,...... kalau masih kurang faham bisa koment dan bertanya,.,.... HAhahaha

selamat berjuang, salam kreatifitas....



1 comments: