Tuesday, April 5, 2016

panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat



panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 2016, ristekdikti telah mengumumkan panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. ristekdikti memberi kesempatan bagi dosen yang ingin melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ristekdikti membagi beberapa program diantaranya:

PENELITIAN FUNDAMENTAL

Kegiatan Penelitian Fundamental ditujukan untuk memperoleh modal ilmiah yang mungkin tidak dapat berdampak ekonomi dalam jangka pendek. Hal ini merupakan perbedaan paling penting dibandingkan dengan penelitian hibah bersaing. Jadi, Penelitian Fundamental berorientasi kepada penjelasan, atau untuk mengantisipasi suatu gejala/fenomena, kaidah, model, atau postulat baru yang mendukung suatu proses teknologi, kesehatan, pertanian, dan lain-lain dalam rangka mendukung penelitian terapan. Termasuk dalam penelitian fundamental adalah pencarian metode atau teori baru.

PENELITIAN KERJASAMA LUAR NEGRI DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL

Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional (KLN) adalah salah satu dari kelompok Program Hibah Kompetitif Nasional DP2M DIKTI yang bertujuan:
  1. memperluas jejaring (network) penelitian dari para peneliti perguruan tinggi di Indonesia dengan mitranya di luar negeri sehingga akan tercipta pemanfaatan sumberdaya dan fasilitas bersama antar lembaga secara berkesinambungan;
  2. meningkatkan kemampuan para peneliti di perguruan tinggi Indonesia untuk melakukan kerjasama penelitian dengan lembaga mitra di luar negeri;
  3. meningkatkan pengakuan internasional (international recognition) bagi penelitian yang dilakukan;
  4. meningkatkan mutu penelitian dan jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah bereputasi internasional;
  5. meningkatkan citation index para peneliti Indonesia;
  6. meningkatkan mutu dan kompetensi para dosen di perguruan tinggi Indonesia; dan
  7. memfasilitasi para dosen perguruan tinggi di Indonesia yang sedang atau akan melaksanakan kerjasama penelitian dengan lembaga mitra di luar negeri khususnya dengan negara-negara maju.
PENELITIAN BERBASIS KOMPETENSI

dan masih banyak lagi program-program yang lain yang bisa di ikuti, untuk lebih jelasnya mengenai program-program yang bisa diikuti bisa download panduan di link di bawah: