Monday, April 25, 2016

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (pkm)


PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (pkm), adalah program yang diadakan ristekdikti dimana tangal pelaksanaanya dilaksanakan 2x program dalam 1 tahun. program ini dibaagi menjadi 2 bagian. yaitu:

1. PKM 5 bidang (PKM K, PKM M, PKM T, PKM P, PKM KC)
2. PKM KT (PKM Ai dan PKM Gt)

kita akan membahas PKM 5 bidang. PKM 5 bidang biasanya akan dilaksanakan pada kisaran bulan september atau oktober. pada dasarnya PKM ini di buat dengan tujuan agar mahasiswa mampu berpikir kreatif dan kritis dalam merencanakan program yang berguna untuk masyarakat. kita akan menjelaskan lebih detail mengenai PKM 5 bidang secara terperinci. 

yang pertama. kita akan membahas PKM K (Program kreatifitas mahasiswa kewirausahaan)

program ini merupakan Program yang bertujuan supaya mahasiswa bisa merencanakan ide-ide kreatif dalam bidang wirausaha. mulai dari perencanaan program, pelaksanaan sampai tindak lanjut kegiatan.  dalam pengajuan program kali ini. mahasiswa hanya akan mengajukan program sekaligus anggaran dana kepada ristekdikti melalui halaman simlitabmas. setelah itu nanti proposal program akan di reviw dan akan di nilai oleh tim penilai dari dikti. dan apabila proposal tersebut diterima maka proposal tersebut akan di danai dan berhak melaksanakan program dengan dana yang bisa mencapai 12,5 juta. utnuk gambaran lengkap mengenai PKM K nanti bisa di lihat pada panduan PKM.

yang ke dua, kita akan membahas PKM M. ( Program kreatifitas mahsiswa bidang masyarakat)


program ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai ide kreatif yang bisa memberi manfaat kepada masyarakat secara umum dan mempunyai nilai positif di masyarakat. sama halnya dengan PKM K program ini di laksanakan pada bulan september sampai oktober dimana nanti ristek dikti akan mengeluarkan panduan yang akan dijadikan pedoman oleh mahsiswa untuk mengerjakan dan menuliskan ide kreatif mereka. untk penjelasan secara terperinci nanti bisa di baca pada panduan PKM yang sudah saya upload pada post lama di blog ini. 

Untuk PKM yang lain, nanti akan saya lanjutkan, untuk sementara ini dulu ya ...