Monday, March 7, 2016

Pemprov Jawa barat Rehab 118 Sekolah Rusak


Pemprov Jawa barat Rehab 118 Sekolah Rusak, DEPOK – Sebanyak 118 sekolah rusak di Kota Depok tahun ini akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bantuan tersebut menyusul tragedi atap ambruk di SDN Kalibaru 06 Cilodong Depok beberapa waktu lalu yang menyebabkan ratusan siswa menumpang di sekolah lain.
Bantuan bervariasi mulai dari Rp80-100 juta, tahun lalu keseluruhan bantuan pemerintah provinsi ke Depok sebesar Rp 125 miliar, tahun ini jumlahnya lebih dari itu,” ujar Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasbullah Rahmad, belum lama ini.
Tak hanya SD, bantuan juga digelontorkan untuk SMP dan SMA sederajat. “Untuk bantuan yang 118 sekolah macam-macam ada SD, madrasah, SMK, SMA, SMP, dan bantuan bukan hanya untuk sekolah negeri akan tetapi sekolah swasta pun dapat,” paparnya.
Ia juga menyoroti kasus atap sekolah yang ambruk pada minggu lalu. Menurutnya, proses perencanaan dan pengawasan harus dilakukan dengan matang.
“Perencanaan terkait fasilitas publik apakah itu rumah sakit, sekolah, kantor kelurahan, kantor kecamatan termasuk kantor wali kota perencanannya harus benar-benar matang, karena itu fasilitas yang digunakan setiap hari,” jelasnya.
Sementara itu, dalam hal pengawasan harus dilakukan mulai dari barang atau bahan material yang masuk hingga proses akhir pekerjaan selesai dilakukan oleh pemborong. Sehingga setelah sekolah direhab bangunan tidak mudah rusak.
“Pengawasan banyak, tidak hanya internal termasuk masyarakat, wartawan, terlebih dewan yang memiliki fungsi pengawasan. Tapi pengawasannya harus yang benar, jangan hanya menggugurkan sarana admistrasi saja,” tegas Hasbullah.